Budgeting

WEDDING BUDGETHal yang paling utama dan krusial dalam mempersiapkan wedding yaitu menyusun rencana anggaran atau budgeting. Rincian yang rapi dapat mempermudah kita dalam memilah-milih vendor yang akan digunakan.

Venue

Hal pertama yang biasanya disiapkan jauh-jauh hari oleh calon penganten (capeng) adalah venue. Venue benar-benar ditentukan budget yang ada sehingga dapat menentukan apakah venue di hotel, gedung, outdoor/garden, atau di rumah. Tentukan batas maksimum budget untuk venue dan carilah lokasi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Catering

Biasanya pengeluaran utama yang memakan biaya paling besar dalam wedding yaitu adalah makanan/catering.

Berikut sedikit rumusan mengenai budgeting catering.

Tentukan jumlah undangan yang akan kita undang (n), kemudian hitung (n) x 2 (asumsi undangan datang berpasangan)

Contohnya adalah n=500 orang,

kemudian (n) x 2 –> 500×2=1000

Lalu  untuk pemesanan buffet biasanya berjumlah 60%-80% dari (n) x 2

contoh:

Jumlah makanan buffet:  60% x 1000 = 600 porsi

Sisanya, 1000 – 600 = 400 porsi dijadikan menu gubugan

Setiap catering mempunyai rumusan masing-masing tapi yang paling umum yaitu dikali 5 karena asumsi kalau tamu hanya makan gubugan ga bakal cuman 1 menu, karena belum kenyang jadinya ajang wisata kuliner 😀 (sayapun begitu :p haha) Berarti :

Jumlah makanan gubug: 400 x 5 = 2000 porsi

Biasanya 1 gubug berjumlah 200 – 400 porsi.

Jadi 2000 porsi bisa dibagi ke dalam 5 – 10 gubug sesuai selera pengantin dan ketersediaan tempat.

Oya catatan juga nih kalau gubugan es krim, choco fountain, choco lava atau dessert lainnya itu adalah tambahan yang tidak termasuk hitungan 2000 porsi tadi. Jadi 2000 porsi biasanya adalah makanan yang mengenyangkan.

Lainnya

Beberapa pengeluaran utama lain dalam wedding adalah

– Dekorasi

– Make up dan wedding dress

– Photography & Video

– Undangan

– Souvenir

– Hiburan

– Seragam keluarga dan among

dan beberapa perintilan lainnya…

 

Berikut saya lampirkan contoh budgeting dari pelaksanaan wedding saya. File berikut merupakan dana yang terealisasi, namun di awal persiapan saya pernah membuat file perencanaan budget sebagai perkiraan. Baiknya cantumkan beberapa skenario alternatif budget jika kita menggunakan vendor yang berbeda, sehingga kita bisa membandingkan. Semakin detail mencantumkan item budgeting akan semakin baik untuk perkiraan.

WEDDING BUDGET

 

2 thoughts on “Budgeting

  1. Thank you banget teh yumi utk semua info di blog ini. mau tanya teh, aku udh liat realisasi budget nyabteh yumi. itu maksudnya 700 undangan dgn 1400 porsi makanan kan ya? atau 350 undangan n 700 porsi makanan?

    Like

    • aku undangan nya 700 porsi 1400. prasmanan nya 900 porsi plus VIP 100 porsi. Jumlah makanan gubugan sekitar 3000an. Sengaja agak dilebihin karena untuk jaga2 takut kurang hhe..

      Like

Leave a comment